PENGEMBANGAN TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI HUKUM DASAR, KONSEP MOL DAN PERSAWAAN REAKSI PADA PESERTA DIDIK SMA / MA

Alfiani, Alamia Devi PENGEMBANGAN TES CHEMISTRY CONCEPT INVENTORY BERBASIS MULTIMEDIA SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI HUKUM DASAR, KONSEP MOL DAN PERSAWAAN REAKSI PADA PESERTA DIDIK SMA / MA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
DEVELOPMENT_OF_MULTIMEDIA_BASED_CHEMISTRY_CONCEPT_INVENTORY_TEST_AS_AN_INSTRUMENT_IN_IDENTIFYING_MISCONCEPTIONS_OF_BASIC_LAW.doc

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Tes Chemistry Concept Inventory (CCI) berbasis multimedia berdasarkan kriteria kualitas tes CCI yang baik dan untuk mengetahui kualitas Tes CCI yang dikembangkan dan telah disusun berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Penyusunan Tes CCI berbasis multimedia ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Bentuk penilaian Tes CCI berbasis multimedia berupa angket yang berisi 6 aspek penilaian yaitu aspek kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep; aspek kebahasaan yang digunakan; aspek keterlaksanaan; aspek tampilan visual; aspek tampilan audio; dan aspek kemudahan penggunaan. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas Tes CCI berbasis multimedia. Produk penelitian ini berupa Tes CCI berbasis multimedia sebagai instrumen dalam identifikasi miskonsepsi hukum dasar, konsep mol clan persamaan reaksi pada peserta didik SMA/MA yang disimpan dalam bentuk CD. Tes CCI berbasis multimedia ini terdiri dari 2 komponen yaitu soal dan pembahasan. Komponen soal terdiri dari 5 buah pertanyaan dengan 4 pilihan jawaban. Pengerjaan untuk 5 soal dibatasi 25 menit. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, Tes CCI berbasis multimedia yang disusun mempunyai kualitas sangat baik (SB) ditunjukkan oleh skor rata-rata untuk komponen soal 124 dari skor ideal 115,995 dan komponen pembahasan memiliki skor rata-rata 42,4 dari skor ideal 40,005. Oleh karena itu, Tes CCI berbasis multimedia ini dapat digunakan sebagai instrumen dalam identifikasi miskonsepsi pada peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: admin fmipa
Date Deposited: 06 Aug 2012 00:38
Last Modified: 06 Aug 2012 00:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2712

Actions (login required)

View Item View Item