PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA ASPEK KIMIA MATERI POKOK PARTIKEL MATERI UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Agus, Kamaludin PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA ASPEK KIMIA MATERI POKOK PARTIKEL MATERI UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER I BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_LEMBAR_KERJA_SISWA_IPA_ASPEK_KIMIA.docx

Download (11Kb)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menyusun dan mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Aspek Kimia Materi Pokok Partikel Materi untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII Semester I berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang memenuhi kriteria kualitas sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar penunjang dalam pembelajaran IPA Terpadu serta menilaikan LKS IPA Aspek Kimia yang memenuhi kriteria LKS yang berkualitas menurut penilaian guru kimia SMA dan guru IPA SMP/MTs. Kurikulum yang digunakan sebagai acuan adalah KTSP. Prosedur pengembangan penilaian ini terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan penilaian produk. Masing-masing tahapan tersebut terdiri atas beberapa langkah penelitian. LKS diberi masukan oleh 2 orang dosen pembimbing, 2 orang ahli media, dan 3 orang teman sejawat (poer reviewer). LKS in] kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru kimia SMA dan 2 orang guru IPA SMP/MTs. Penilaian LKS didasarkan pada 10 aspek penilaian, yaitu : pendekatan penulisan, kebenaran konsep kimia, kedalaman konsep, keluasan konsep, kejelasan kalimat, kebahasaan, evaluasi belajar, kegiatan/percobaan kimia, keterlaksanaan, dan penampilan fisik. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata LKS diubah menjadi kategori nilai sehingga kualitas LKS dapat ditentukan melalui konversi data skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Telah disusun Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Aspek Kimia Materi Pokok Partikel Materi untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII Semester I berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang memenuhi kriteria kualitas. Kualitas LKS yang telah disusun berdasarkan penilaian guru diperoleh skor rata-rata 98,4 atau 82 %. LKS tersebut memiliki skor dengan kriteria kualitas sangat balk (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Kimia
Depositing User: pendidikan kimia UNY
Date Deposited: 01 Aug 2012 00:44
Last Modified: 01 Aug 2012 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item