PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA ANALISIS KELAS XII SEKOLAH MENENGAH FARMASI (SMF)

Afin Dwi, Yuniarti PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA ANALISIS KELAS XII SEKOLAH MENENGAH FARMASI (SMF). S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_BUKU_AJAR_KIMIA_ANALISIS_KELAS_XII.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyusun buku ajar kimia analisis kelas XII SMF menilai kualitasnya penilaian penilaian 5 orang guru kimia (reviewer). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari erropat tatrap, yaitu tahap perencanaan, perrgorgarnisasian, pelalcsanaan clan penilaian buku ajar. Isi buku ajar ini terdiri dari tiga materi pokok, yaitu bab l pemisahan eampurran, bab 2 analisis volumetri aaan bab 3 analisis y;ravimetri. Produk awal ditinjau (dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, 2 orang ahli media dan 3 orang peer review (teman sejawat pendidikan kimia) yang selanjutnya dilalakukan revisi. Produk revisi dinilai oleh 5 orang guru kirnia dengan menggunakan instrumen penialain , yang meliputi 4 komponen utama yaitu kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan. Hasil penilaian berupa skor, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku ajar. Hasil penelitian berupa buku ajar kimia analisis kelas XII SMF, mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor total rata-rata sebesar 139,2 d.an persentase kualitas ideal sebesar93,8 %, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar pelengkap dalam pembelajaran kimia. Adapun persentase kraalitas buku ajar untuk setiap kornponen penilaiarr, yaitu korrrponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan berturut-turut adalah : 93,4 %, tt9°a>, 92,5%, dan 95,4 % dengan kualitas sangat baik (SF3).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: pendidikan kimia UNY
Date Deposited: 01 Aug 2012 00:43
Last Modified: 01 Aug 2012 00:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item