STUDI KOMPARASI ANTARA MOVING CLASS (KELAS BERJALAN) DAN KELAS PERMANEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Komparasi di SMP Negeri 9 Yogyakarta dan di SMP Negeri 12 Yogyakarta)

Alfi, alf STUDI KOMPARASI ANTARA MOVING CLASS (KELAS BERJALAN) DAN KELAS PERMANEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Komparasi di SMP Negeri 9 Yogyakarta dan di SMP Negeri 12 Yogyakarta). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Alfi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar, disiplin belajar dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan antara kelas yang menerapkan moving class dengan yang menerapkan kelas permanen yaitu SMP Negeri 9 Yogyakarta bila dibandingkan dengan SMP Negeri 12 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen dan siswa SMP Negeri 12 Yogyakarta sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes prestasi belajar. Uji validitas menggunakan validitas menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson dan Part Whole Correlation sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan K-R 20. Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menerapkan moving class dengan kelas permanen terhadap a) motivasi belajar, b) disiplin belajar, dan c) prestasi belajar. Hal ini dibuktikan oleh hasil perhitungan statistik uji-t yang menunjukkan thitung (to) motivasi belajar sebesar 2,045 lebih besar dari ttabel (t0,05) (db=68) =1,668. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan mengenai motivasi belajar antara pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan pembelajaran moving class dengan pembelajaran kelas permanen. Ada perbedaan disiplin belajar yang signifikan antara pembelajaran Moving Class dengan pembelajaran Kelas Permanen dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dengan thitung (to) disiplin belajar sebesar 2,409 lebih besar dari ttabel (t0,05) (db=68) =1,668. Ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara pembelajaran Moving Class dengan pembelajaran Kelas Permanen dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dengan thitung (to) prestasi belajar sebesar 7,138 lebih besar dari ttabel (t0,05) (db=68) =1,668. Jadi terdapat perbedaan motivasi belajar, disiplin belajar dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan antara kelas yang menerapkan moving class dengan yang menerapkan kelas permanen yaitu SMP Negeri 9 Yogyakarta bila dibandingkan dengan SMP Negeri 12 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: pkn dan hukum fise
Date Deposited: 24 Jul 2012 03:05
Last Modified: 24 Jul 2012 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item