PENGGUNAAN METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII A SEMESTER 1 SMPN 1 MANISRENGGO TAHUN AJARAN 2009/2010

Rahmawati, Yeni (2011) PENGGUNAAN METODE MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN SAINS BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII A SEMESTER 1 SMPN 1 MANISRENGGO TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, UNY.

[img] Text
USING_MIND_MAP_METHOD_IN_THE_TEACHING_OF_BIOLOGY_SCIENCES_TO_IMPROVE_STUDENTS.doc

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar sains biologi, peningkatkan prestasi belajar kognitif setelah penggunaan metode mind map, dan tanggapan terhadap penggunaan metode mind map pada materi Sistem Gerak pada manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP N 1 Manisrenggo tahun ajaran 2009/2010. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Siklus I dengan sub materi pokok sistem rangka dan sendi, dan Siklus 2 dengan sub materi pokok otot dan kelainan sistem gerak. Data yang dikumpulkan berupa data angket motivasi siswa, nilai pretest-posttest, dan data angket tanggapan terhadap penggunaan metode mind map siklus 1 dan siklus 2. data motivasi yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan presentase masing-masing aspek dalam motivasi. Data pretest-posttest siklus 1 dan siklus 2 ditabulasi dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata posttest siklus 2 dengan nilai rata-rata posttest siklus 1. Data tanggapan terhadap penggunaan metode mind map yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan presentase masing-masing pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Hasil rata-rata motivasi siswa adalah 73.26% pada siklus 1 dan 82.58% pada siklus 2. Peningkatan motivasi sebesar 9.32%. hasil prestasi siswa pada siklus 1 rata-rata pretest 5.96 dan rata-rata posttest 7.20 dan pada siklus 2 rata-rata pretest 7.35 dan rata-rata posttest 8.13. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan dengan effect size sebesar 0.93. hasil rata-rata tanggapan terhadap penggunaan metode mind map adalah 71.11% pada siklus 1 dan 93.89% pada siklus 2. hasil peningkatan tanggapan sebesar 22.87%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 03:36
Last Modified: 20 Jun 2012 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item