Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis SETS untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Foundational Knowledge Peserta Didik SMP Muhammadiyah 8 Wedi Klaten

Setiawati, Indras Kurnia (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis SETS untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Foundational Knowledge Peserta Didik SMP Muhammadiyah 8 Wedi Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indras-kurnia-setiawati-13708251062.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran IPA berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dan mengetahui (1) kriteria kelayakan produk, (2) keefektifan produk untuk meningkatkan scientific literacy, serta (3) keefektifan produk untuk meningkatkan foundational knowledge peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Wedi Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall. Produk yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran IPA berbasis SETS yang meliputi Silabus, RPP, LKPD dan instrumen penilaian otentik. Prosedur pengembangan dibedakan menjadi 3 tahap yaitu need assesment, development dan reasearch. Tahap need assesment meliputi survei lapangan, analisis kurikulum dan studi pustaka. Tahap development merupakan pengembangan produk berupa draft awal. Produk dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan SETS. Draft produk selanjutnya divalidasi oleh ahli dan pendidik IPA. Hasil revisi produk diuji keefektifan terhadap scientific literacy dan foundational knowledge pada tahap research. Pada tahap research meliputi uji coba dalam skala terbatas dan skala luas. Uji coba skala terbatas menguji keterbacaan produk. Hasil keterbacaan digunakan untuk uji coba skala luas dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Kedua kelas dilihat peningkatan scientific literacy dan foundational knowledge. Hasil uji coba skala luas dijadikan dasar untuk evaluasi dan perbaikan produk. Setelah dilakukan revisi produk, perangkat pembelajaran IPA berbasis SETS menjadi produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis SETS dinyatakan sangat baik dengan rerata skor 4,59 dari rentang 0-5. Pengujian keefektifan perangkat pembelajaran berbasis SETS terhadap scientific literacy menghasilkan data dengan kategori peningkatan tinggi sebesar 38%, kategori peningkatan sedang sebesar 38% dan kategori peningkatan rendah sebesar 24%. Pengujian keefektifan perangkat pembelajaran berbasis SETS terhadap foundational knowledge juga menghasilkan data dengan kategori peningkatan tinggi sebesar 43%, kategori peningkatan sedang sebesar 43% dan kategori peningkatan rendah sebesar 14%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran IPA berbasis SETS terbukti efektif untuk meningkatkan scientific literacy dan foundational knowledge peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Wedi Klaten.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, SETS, scientific literacy, foundational knowledge
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 25 Jun 2015 03:46
Last Modified: 16 Mar 2016 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item View Item