ISOLASI DAN KARAKTERISTIK BAKTERI ASAM LAKTAT DARI LIMBAH KOTORAN AYAM SEBAGAI AGENSI PROBIOTIK DAN AKTIVITAS ENZIM KOLESTEROL REDUKTASE

Yoni Suryani, M.Si (2007) ISOLASI DAN KARAKTERISTIK BAKTERI ASAM LAKTAT DARI LIMBAH KOTORAN AYAM SEBAGAI AGENSI PROBIOTIK DAN AKTIVITAS ENZIM KOLESTEROL REDUKTASE. UNY.

[img]
Preview
Text
Yoni_Suryani_new.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas enzim kolesterol reduktase hasil isolasi dari bakteri Streptococcus sp dalam merombak kolesterol menjadi koprostanol dan mengetahui pengaruh variasi konsentrasi substrat (kolesterol) terhadap aktivitas enzim kolesterol reduktase. Penelitian eksperimental ini menggunakan sampel enzim kasar kolesterol reduktase yang diisolasi dari bakteri asam laktat jenis Streptococcus sp. Parameter yang diamati yaitu kolesterol terombak pada variasi konsentrasi substrat 20 µg/ml, 40 µg/ml, 60 µg/ml, 80 µg/ml, dan 100 µg/ml dengan 3 ulangan. Aktivitas enzim kolesterol reduktase dapat dilihat dari kolesterol terombak yang diperoleh dari selisih antara kolesterol awal dan kolesterol siswa. Untuk mengetahui pengaruh pemberian variasi konsentrasi substrat kolesterol terhadap aktivitas enzim kolesterol reduktase, data yang diperoleh dianalisis dengan persamaan ANAVA satu arah pola RAL. Untuk melihat perbedaan antar kelompok perlakuan, maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa enzim kolesterol reduktase dari Streptococcus sp mampu merombak kolesterol menjadi koprostanol. Aktivitas enzim kolesterol reduktase yang terukur pada penelitian paling tinggi pada konsentrasi substrat 100 µg/ml yaitu 29,946 U/ml atau 29,946% dari konsentrasi kolesterol awal. Aktivitas terendah pada penelitian yaitu konsentrasi kolesterol awal.Konsentrasi substrat dapat mempengaruhi aktvitas enzim. Peningkatan konsentrasi substrat kolesterol diikuti dengan peningkatan konsentrasi substrat kolesterol diikuti dengan peningkatan aktivitas enzim kolesterol reduktase sampai pada titik jenuhnya. Kata kunci: aktivtas enzim, kolesterol reduktase, substrat, invitro. FMIPA, 2007 (PEND. BIOLOGI)

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:56
Last Modified: 20 Jun 2012 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item