KORELASI HASIL PEMBELAJARAN DESAIN DASAR DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN PRAKTEK GARNISH DI SMK N 1 KALASAN

Abhi Ganika, Made Aditya (2015) KORELASI HASIL PEMBELAJARAN DESAIN DASAR DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN PRAKTEK GARNISH DI SMK N 1 KALASAN. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS MADE ADITYA ABHI GANIKA.PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

KORELASI HASIL PEMBELAJARAN DESAIN DASAR DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN PRAKTEK GARNISH DI SMK N 1 KALASAN Oleh: Made Aditya Abhi Ganika NIM 11206244008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikansi antara pembelajaran Desain Dasar dalam mata pelajaran seni budaya dengan praktek garnish makanan di jurusan Jasa Boga di SMK N 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga B di SMK N1 Kalasan yang berjumlah 33 orang siswa. Data yang diambil berupa nilai-nilai siswa dalam mata pelajaran Desain Dasar dan praktek garnish, data dikumpulkan melalui hasil dokumentasi nilai prestasi siswa. Pada penelitian ini variabel bersifat bebas (independent) dimana tiap variabel saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Pembelajaran Desain Dasar dinotasikan X dan praktek berkarya garnish dinotasikan Y. Hasil uji normalitas variabel penelitian ini dibuktikan dengan komputer program SPPS 19.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan : a) Nilai Desain Dasar antara 75,00 – 85,00, mean 79,29, dengan standar deviasi 3,37. b) Hasil analisis deskriptif pada variabel praktek berkarya garnish diperoleh test dengan nilai minimum sebesar 74,33, nilai maksimum sebesar 79,09, dan standar deviasi sebesar 2,46. c) Hasil analisis uji korelasi Product Moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,352 yang berarah positif dengan signifikansi 0,044. Nilai signifikansi pada penelitian ini 0,044 kurang dari 0,05, maka hipotesis menyatakan “ada hubungan pembelajaran Desain Dasar dalam mata pelajaran Seni Budaya terhadap praktek berkarya garnish”. Hasil penelitian mampu membuktikan bahwa terdapat hubungan antara pembelajaran Desain Dasar dengan praktek berkarya garnish. Hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung sebesar 0,352 dengan signifikansi 0,044. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,352 menunjukan arah yang positif. Kesimpulan semakin tinggi nilai desain dasar, maka semakin tinggi nilai praktek berkarya garnish siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Pembelajaran, Desain Dasar, Garnish, Kuantitatif
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 24 Jun 2015 04:41
Last Modified: 24 Jun 2015 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21077

Actions (login required)

View Item View Item