ASIMILASI KOLESTEROL DAN DEKONJUGASI GARAM EMPEDU OLEH BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) DARI LIMBAH KOTORAN AYAM SECARA IN VITRO

Astuti, Dr. Ir., M.P (2007) ASIMILASI KOLESTEROL DAN DEKONJUGASI GARAM EMPEDU OLEH BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) DARI LIMBAH KOTORAN AYAM SECARA IN VITRO. UNY.

[img]
Preview
Text
Ana_Rahmawati.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan dekonjugasi garam empedu oleh Streptococcus sp dari Chyme Usus Halus Ayam Broiler Strain Lohmann. Garam Empedu yang mengalami dekonjugasi dapat diukur dengan terbentuknya asam kolat yang dihasilkan. Penelitian ini terdiri atas enam perlakuan dengan tiga kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penambahan garam empedu pada medium MRS sebesar 0 %, 0,1 %, 0,3 %, 0,5 %, 0,7 %, dan 0,9 %,. Streptococcus sp diinokulasikan pada medium MRS dan diinkubasikan dengan suhu 40 ° C selama 20 jam. Variabel yang diamati adalah pola pertumbuhan (kurva pertumbuhan), kecepatan tumbuh spesifik, nilai pH, produksi asam laktat, dan produksi asam kolat. Pengamatan pola pertumbuhan Streptococcus sp diukur setiap jamnya selama 20 jam dengan menggunakan spektrofotometer (λ 650 nm), nilai pH diamati pada awal (jam ke-0, fase eksponensial, dn fase stasioner. Data yang diperolah kemudian dianalisis menggunakan analisis varian dengan rancangan acak lengkap satu faktor. Perbedaan diantara nilai reratanya, selanjutnya dianalisis dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Streptococcus sp mampu tumbuh dengan baik pada berbagai konsentrasi garam empedu dan menghasilkan asam kolat sebagai produk akhir dekonjugasi garam empedu. Produksi asam kolat tertinggi sebesar 0,8580 % pada fase stasioner yang ditandai penurunan pH medium. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Streptococcus sp dari Chyme Usus Halus Ayam Broiler Strain Lohmann mampu melakukan dekonjugasi garam empedu dan dapat dijadikan sebagai kandidat bakteri probiotik. Kata kunci: garam empedu, streptococcus sp, pertumbuhan, asam kolat, dekonjugasi garam empedu. FMIPA, 2007 (PEND. BIOLOGI)

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:56
Last Modified: 20 Jun 2012 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item