PENGEMBANGAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT DARI LIMBAH IKAN YANG BERPOTENSI MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL DAGING AYAM BROILER

Astuti, Dr. Ir., M. P. (2007) PENGEMBANGAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT DARI LIMBAH IKAN YANG BERPOTENSI MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL DAGING AYAM BROILER. UNY.

[img]
Preview
Text
Astuti.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik isolat BAL Streptococcus thermophilus dari limbah ikan terhadap penampilan ayam broiler yang meliputi pertambahan berat badan, konsumsi pakan dan konversi pakan serta lemak karkas ayam broiler yang meliputi lemak abdominal, lemak subkutan dan lemak daging serta kadar kolesterol yang meliputi LDL , HDL ,daging ayam broiler. Materi penelitian ini adalah ayam broiler jantan strain Lohmann produksi PT Multi Breeder Adirama sebanyak 40 ekor umur 1 minggu. Probiotik perlakuan Isolat Bakteri Asam Laktat (BAL) yang digunakan dalam penelitian ini adalah bakteri Streptococcus thermophilus dalam bentuk freeze drying yang berasal dari Laboratorium Biokimia Nutrisi, Fakultas Peternakan, UGM. Perlakuan I sebagai kontrol (tanpa BAL) perlakuan II jumlah sel BAL adalah 106 CFU/ml, perlakuan III jumlah sel BAL adalah 107CFU/ml., perlakuan IV jumlah sel BAL adalah 108 CFU/ml. Pencatatan data untuk performan dilakukan setiap minggu meliputi pertambahan berat badan dan konsumsi pakan. Pengambilan data untuk lemak abdominal dan lemak daging ,kadar kolesterol daging dan darah dilakukan pada akhir penelitian. Data yang diambil meliputi : pertambahan berat badan (g/ekor/hari),konsumsi pakan (g/ekor/hari), konversi pakan, prosentase lemak daging, persentase lemak abdominal , persentase lemak subcutan , prosentase kolesterol daging, prosentase kolesterol darah, HDL , LDL . Hasil penelitian : Perlakuan pemberian bakteri asam laktat Streptococcus thermophillus menyebabkan menurunnya kadar kolesterol daging dan darah ayam broiler secara signifikan, Pemberian probiotik BAL tidak berpengaruh terhadap performan pertumbuhan tetapi berpengaruh terhadap lemak karkas ayam broiler, dan Level BAL yang terbaik adalah pada level 108 CFU/ml (R3). Kata kunci : bakteri asam laktat, kolesterol, ayam broiler FMIPA, 2007 (PEND. BIOLOGI)

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:56
Last Modified: 20 Jun 2012 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item