PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI DENGAN STRATEGI PRAMENULIS CUBING PADA SISWA SMP DI YOGYAKARTA

Setyawan Pujiono, S.Pd. (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI DENGAN STRATEGI PRAMENULIS CUBING PADA SISWA SMP DI YOGYAKARTA. UNY.

[img]
Preview
Text
Setyawan_Pujiono.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melakukan pembenahan terhadap kualitas pembelajaran keterampilan menulis argumentasi di sekolah. Pembenahan tersebut dapat dimulai dari pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, upaya tindakan ini akan mencoba meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran keterampilan menulis argumentasi dengan strategi pramenulis cubing. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Bambanglipuro Bantul Yogyakarta. Pro¬sedur dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk melaksanakan penelitian yang terarah dan teratur dalam prosesnya yang panjang dan kompleks, maka peneliti membagi pelaksanaan penelitian ini dalam siklus dan dilanjutkan dengan pengamatan, refleksi dan pelaporan. Hasil penelitian yang diper¬oleh bahwa strategi pramenulis cubing ternyata mampu me¬ningkatkan kemampuam siswa dalam menulis argumentasi. Hasil pembahasan tim peneliti dalam proses pembelajaran dan produk tulisan siswa, ternyata strategi cubing dapat meningkatkan ke¬mampuan menulis argumentasi. Hal tesebut dapat dilihat pada pe¬maparan argumentasi berikut ini. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa, sedangkan dua siswa tidak mengikuti ujian akhir karena sakit. Hasil evaluasi siklus II (akhir) nilai yang diperoleh siswa antara 60 s.d 70 sejumlah 12 siswa, nilai 71 s.d 80 sejumlah 19 siswa, dan nilai yang di atas 81 sejumlah 1 siswa. Kata kunci: pramenulis, cubing, argumentasi, dan strategi FBS, 2008 (PEND. BHS & SASTRA INDONESIA)

Item Type: Other
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 29 Jun 2012 07:09
Last Modified: 29 Jun 2012 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item