PROFIL RANAH AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA SISWA KELAS 1-6 SD NEGERI DERESAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, DIY

Agung , Wijaya Subiantoro , M.Pd (2007) PROFIL RANAH AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PADA SISWA KELAS 1-6 SD NEGERI DERESAN, CATURTUNGGAL, DEPOK, SLEMAN, DIY. UNY.

[img]
Preview
Text
Agung_Wijaya_Subiantoro.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan modul Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) yang dikembangkan dan disusun oleh PP-PKLH UNY dan HSF Indonesia dan mengidentifikasi profil ranah efektif dan psikomotor yang muncul dari pembelajaran dengan modul tersebut pada siswa kelas 1-6 SD Negeri Deresan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berusaha mengamati, menganalisis dan melukiskan kondisi alamiah/apa adanya dari subyek penelitian dalam suatu situasi tanpa perlakuan, yaitu gambaran ranah afektif dan psikomotor siswa yang muncul dan teridentifikasi dalam pembelajaran dengan menggunakan modul PPB. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 1A-6A, dengan jumlah siswa masing-masing kelas adalah: kelas I-A 38 orang, II-A 40 orang, III-A 39 orang, IV-A, V-A dan VI-A masing-masing 40 orang. Data penelitian ini adalah ekspresi sikap, perilaku dan kinerja siswa untuk aspek ranah afektif dan psiko-motorik yang dikumpulkan melalui pengamatan selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi kegiatan. Data penelitian dianalisis secara triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil analisis data ekspresi ranah afektif dan psiko-motor antara hasil observasi (termasuk potofolio), kriteria yang terdapat dalam referensi dan pendapat pengkaji (reviewer) penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan, modul Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) dapat digunakan atau diterapkan dalam pembelajaran (intra-kurikuler) bagi siswa tingkat sekolah dasar. Profil ranah afektif siswa yang muncul dalam pembelajaran adalah: kategori responding sub-kategori satisfaction in response pada siswa kelas 1, kategori valuing, sub-kategori acceptence of a value, pada siswa kelas 2, 3, & 4, dan kategori valuing, sub-kategori commitment, pada siswa kelas 5 & 6. Untuk profil ranah psikomotor, yang muncul adalah jenjang set, pada siswa kelas 1, jenjang respon terpadu tingkat awal, pada siswa kelas 2 & 6 dan jenjang respon terpadu tingkat lanjut, pada siswa kelas 5. Sedangkan pada siswa kelas 3 & 4 tidak teridentifikasi munculnya ranah psikomotorik. Kata kunci: profil, afektif, psikomotor, modul PPB. FMIPA, 2007 (PEND. BIOLOGI)

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:49
Last Modified: 20 Jun 2012 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item