PENINGKATAN EFEKTIVITAS MEMBACA MAHASISWA DENGAN TEKNIK PORPE

Dwi Budiyanto, S.Pd. (2008) PENINGKATAN EFEKTIVITAS MEMBACA MAHASISWA DENGAN TEKNIK PORPE. UNY.

[img]
Preview
Text
Dwi_Budiyanto.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan teknik pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan efektivitas membaca mahasiswa me¬lalui penerapan teknik PORPE. Latar belakang penelitian ini adalah kurang kemampuan mahasiswa dalam memahami bacaan, se¬kaligus lemahnya antusias mahasiswa dalam mengikuti per¬kuliah¬an membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama, lebih fokus pada kelompok besar dan klasikal. Sementara itu, siklus kedua lebih ditekankan pada kerja mahasiswa secara mandiri. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas G semester genap yang mengambil mata kuliah Membaca Kritis, Kreatif, dan Sintopis sebanyak 4 SKS. Jumlah mahasiswa sebanyak 20 orang. Data mengenai proses perkuliahan diperoleh melalui observasi lapangan dan wawancara. Data mengenai pemahaman mahasiswa diperoleh dari tes esai dan hasil kerja mahasiswa. Validitas data menggunakan validitas demokratik, proses, dan dialogik. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan teknik PORPE mampu memperbaiki proses per¬kuliah¬an membaca. Secara proses, mahasiswa menjadi lebih antusias dan bersemangat. Kelas berkembang menjadi sangat dinamis. Teknik PORPE mampu melatih mahasiswa untuk mengungkapkan gagasan (lisan maupun tulisan), memperluas pembahasan, serta memperkuat ide melalui contoh dan fakta-fakta baru. Kelas yang dikenai tindak¬an dengan teknik PORPE menjadi lebih dinamis. Perbaikan dalam proses pembelajaran di atas, berimplikasi pada perbaikan kemampuan mahasiswa dalam memahami bacaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pemahaman membaca mahasisw. Terdapat perbedaan skor rerata pretes (6,20) dan skor rerata yang diperoleh pada akhir siklus I (7,275). Pe¬ningkatan skor rerata pemahaman membaca pada siklus I adalah 1,075. Sementara itu, peningkatan skor pemahaman membaca pada akhir siklus I (7,275) dengan skor pemahaman membaca pada akhir siklus II (7,575) sebesar (0,3). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik PORPE dapat meningkatkan efektivitas membaca mahasiswa dengan mengerjakan tes esai. Kata kunci: Teknik PORPE, pemahaman bacaan, tes esai FBS, 2008 (PEND. BHS & SASTRA INDONESIA)

Item Type: Other
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 28 Jun 2012 07:41
Last Modified: 28 Jun 2012 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item