UPAYA PENINGKATAN PUBLIC SPEAKING SKILL MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INGGRIS MELALUI SYMPOSIUM DAN WORKSHOP

Erna Andriyanti, S.S., M. Hum. (2006) UPAYA PENINGKATAN PUBLIC SPEAKING SKILL MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INGGRIS MELALUI SYMPOSIUM DAN WORKSHOP. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Erna_Andriyanti.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa di kelas Speaking IV melalui metode symposium dan workshop, 2) mendeskripsikan tindakan-tindakan yang berhasil mendukung pembelajaran public speaking melalui pengimplementasian symposium dan workshop, dan 3) mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan public speaking mahasiswa di kelas Speaking IV di akhir penerapan tindakan-tindakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Speaking IV kelas Sas 4G Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Jurusan PBI FBS UNY T.A. 2005/ 2006. Penelitian dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini merupakan data kualitatif yang berupa transkrip wawancara dengan dosen kolaborator pengampu mata kuliah dan mahasiswa, catatan lapangan dan hasil angket mahasiswa. Analisis data mencakup empat tahap, yaitu: 1) mengumpulkan seluruh data dan membacanya, 2) mengkodekan data tersebut, 3) mem-bandingkan data, dan 4) menginterpretasikan data. Pengujian validitas hasil analisis menggunakan lima kriteria, yaitu validitas 1) demokratik, 2) hasil, 3) proses, 4) katalitik, dan 5) dialogis. Berdasarkan permasalahan yang ada di lapangan, ditempuh 5 upaya untuk meningkatkan public speaking skill mahasiswa, yaitu: 1) penciptaan suasana yang nyaman agar mahasiswa ter-tantang untuk berbicara di depan umum; 2) peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam aktifitas kelas.; 3) peningkatan self-confidence mahasiswa; 4) pembiasaan penggunaan common expression dalam public speaking; dan 5) penjelasan bentuk dan format dalam public speaking. Tindakan-tindakan yang dinilai berhasil dan memberikan perubahan positif adalah 1) memperkenalkan ekspresi-ekspresi yang umum digunakan dan kesalahan-kesalahan umum dalam public speaking.; 2) menjelaskan mengenai berbagai bentuk dan format; 3)memberi peran/tanggung jawab agar semua mahasiswa aktif berbicara; 4) memberi contoh dan model; 5) memberi tugas kelompok; 6) memberi saran tentang penampilan dan mengingatkan mahasiswa untuk tampil optimal; 7) memindah setting belajar-mengajar; 8) mengundang mahasiswa lain dan native speaker; 9) merekam penampilan mahasiswa melalui foto dan kaset VHS. Kemampuan mahasiswa di akhir penelitian tindakan kelas bisa digambarkan dalam 3 kategori berikut: 1) memuaskan: 4 mahasiswa (20%) memiliki kemampuan yang sangat memadai, walau belum sebanding dengan native speakers dalam keakuratan dan pronunciation. Mereka berbicara lancar ketika melaksanakan tugas-tugas yang diberikan, yang didukung dengan kepercayaan diri yang tinggi. Para mahasiswa ini sangat bisa mengatasi situasi dan terlihat rileks dalam penampilan mereka; 2) bagus: 14 maha-siswa (70%) termasuk dalam kategori ini. Mereka berbicara lancar, walaupun kadangkala tidak akurat dalam struktur dan pronunciation. Rasa percaya diri mereka juga tinggi, hanya sayangnya pemakaian ekspresi kebahasaan kurang variatif; 3) cukup: 2 orang mahasiswa (10%) dinilai cukup dalam artian bisa melakukan tugas-tugas yang diberikan, cukup lancar, namun seringkali terlihat kurang percaya diri. Kosa kata mereka terbatas, namun mereka berusaha untuk berani tampil di muka umum. FBS, 2006 (PEND. BHS INGGRIS)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Inggris
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 27 Jun 2012 06:14
Last Modified: 11 Sep 2012 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item