PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, TEMAN SEBAYA, METODE MENGAJAR GURU, DAN PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR ELEKTRONIKA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMKN 3 YOGYAKARTA

Warman, Rahmat Aditya and Sunawi, Abdul Halim (2013) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, TEMAN SEBAYA, METODE MENGAJAR GURU, DAN PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR ELEKTRONIKA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMKN 3 YOGYAKARTA. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika, 2 (1).

[img]
Preview
Text
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, TEMAN SEBAYA, METODE MENGAJAR GURU, DAN PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR ELEKTRONIKA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan keluarga, teman sebaya, metode mengajar guru, dan penggunaan media internet terhadap minat belajar elektronika siswa kompetensi keahlian audio video SMK Negeri 3 Yogyakarta, 2) dari faktor lingkungan keluarga, teman sebaya, metode mengajar guru, dan penggunaan media internet, faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap minat belajar elektronika siswa kompetensi keahlian audio video SMK Negeri 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 99 orang siswa kompetensi keahlian audio video SMK Negeri 3 Yogyakarta. Variabel penelitian adalah lingkungan keluarga (X1), lingkungan teman sebaya (X2), metode mengajar guru (X3), penggunaan media internet (X4), dan minat belajar elektronika (Y). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan metode analisis menggunakan Regresi Ganda 4 Prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga, teman sebaya, metode mengajar guru, dan penggunaan media internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar elektronika siswa kompetensi keahlian audio video SMK Negeri 3 Yogyakarta hal ini dapat diketahui dari Rhitung (0,616) > Rtabel(0,195). Sumbangan relatif yang diberikan tiap variabel adalah penggunaan media internet 66,3%, lingkungan keluarga 12,27%, metode mengajar guru 11%, dan lingkungan teman sebaya 10,5%. Dengan demikian faktor yang paling berpengaruh terhadap minat belajar elektronika siswa kompetensi keahlian audio video SMK Negeri 3 Yogyakarta adalah penggunaan media internet.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keluarga, teman sebaya, metode mengajar, internet, minat belajar, elektronika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Jurnal > Student
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jan 2013 01:08
Last Modified: 03 Oct 2019 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10025

Actions (login required)

View Item View Item